<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Home » » Wess Udah

Wess Udah


Tanggal 9 Desember 2006 lalu, kebahagiaan tampak tercermin hampir pada semua wajah wisudawan maupun wisudawati UIN Syahid Jakarta, tak terkecuali pada diri dan keluarga saya yang turut hadir. Jauh hari sebelum pelantikan wisuda, mereka keluarga saya, telah lebih dulu tiba dengan sejuta harapan, diantaranya melihat saya memakai toga dan seragam wisuda.
Siapa yang tidak bahagia, penantian selama kurang lebih 4 tahun duduk di bangku kuliah, pulang pergi menuju kampus, kumpulan buku, tumpukan makalah, koleksi kenangan manis maupun pahit, akhirnya berujung jua. Penantian yang telah menyita cukup banyak waktu dan biaya, pahit getir perjuangan memungut indeks prestasi kuliah yang berceceran di ruang birokrasi, ketabahan serta kesabaran mengejar dosen untuk membimbing dalam penulisan skripsi, begitu juga ketegangan saat duduk di kursi panas ketika munaqasah akhir berlangsung.
Berat memang meraih kemenangan, meskipun wisuda sebenarnya bukanlah akhir sebuah perjuangan dan kemenangan atas perjuangan. Wisuda hanyalah simbol kemenangan akademik, karena kita dituntut untuk mengumpulkan nilai kuantitatif diri, dengan ukuran amat baik, baik, cukup, dan kurang. Wisuda hanyalah seremoni kesedihan, karena beban gelar yang disandang sebagai sarjana amat beratnya. Pengakuan diri sebagai wisudawan maupun wisudawati hanya pertanda, “engkau telah menjadi manusia berpendidikan dan terdidik, wess udahlah, kalian boleh pergi”. Wallahu a’lam Wa La Haula Wala Kuwwata Illa Billah.
Share this article :
 
Copyright © 2012. Belajar & Berbagi . All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website. Inspire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger